Sarana Prasarana

0 698

Pada hari Selasa tanggal 6 September 2016, mengambil tempat di Desa Srigading Kecamatan Lawang, Bupati Malang, Doktor Haji Rendra Kresna, didampingi oleh Kepala Badan Perumahan Kabupaten Malang serta Muspika Lawang, membuka secara resmi Launching Program BSPS, yakni : Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya, atau yang lebih akrab dikenal sebagai Program Bedah Rumah.

Sebagaimana dimaklumi bersama, Kecamatan Lawang mendapatkan bantuan bedah rumah total 736 unit dari tahun 2015 sebanyak 336 unit, dan tahun 2016 sebanyak 400 unit, yang terbagi untuk 10 desa dan 2 kelurahan, dengan bantuan dana sebesar Rp. 7,5 juta sampai dengan Rp. 15 juta per unit rumah (masing-masing), sedangkan Desa Srigading sendiri mendapatkan bantuan sebanyak 147 unit rumah, dengan bantuan dana sebesar Rp. 15 juta per unit rumah.

Acara yang menjadi agenda kerja Badan Perumahan Kabupaten Malang, dihadiri oleh badan dan dinas terkait yang ada di Kabupaten Malang, Muspika Lawang, Kepala Desa dan Lurah se-Kecamatan Lawang, serta perwakilan Konsultan Wilayah Provinsi Jawa Timur, dan warga masyarakat.

Dalam sambutan pembukaannya, Bupati Malang menyampaikan ungkapan terima kasih kepada Pemerintah baik Pusat maupun Provinsi, sedangkan karena keterbatasan anggaran yang dimiliki oleh Pemerintah sehingga bantuan yang diterima tidak akan memadai untuk memperbaiki rumah, oleh karenanya dukungan swadaya masyarakat sangat dibutuhkan untuk dapat mewujudkan rumah yang sehat dan layak huni.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Malang juga menyempatkan diri untuk meresmikan Gapura pintu masuk Desa Srigading pada poros jalan Sidodadi – Srigading yang dibangun dari Dana Desa, dengan nilai bangunan sebesar Rp. 39 juta, serta penyaluran bantuan berupa Sembako bagi warga miskin yang diberikan kepada 20 KK.

Disamping itu, pada saat peninjauan lapangan pada salah satu rumah penerima BSPS, ternyata swadaya masyarakat yang mampu digalang sangatlah memuaskan, terbukti dengan bangunan rumah yang telah ditembok permanen, serta lantai yang telah diplester, sehingga bantuan yang diterima dapat diwujudkan secara maksimal.bedah rumah4 bedah rumah3 bedah rumah2 bedah rumah1

Desa Srigading, selaku tuan rumah acara, juga menggelar berbagai hiburan kesenian yang berasal dari warga desa, berupa Kesenian Sakerahan dari Dusun Krajan, serta kesenian jaranan dari Dusun Gading, sebagai ikon kesenian kebanggaan masyarakat Desa Srigading.

Tepat pukul 10.00 WIB mohon pamit kepada Muspika dan warga masyarakat Desa Srigading dan langsung meluncur ke kantor Bupati di Kepanjen.

Sabtu, 6 Agustus 2016, yang lalu, Bupati Malang, H. Rendra Kresna, meresmikan Lapangan Olahraga Kalisoerak Lawang, yang berlokasi di Jl. Sumberwaras Kelurahan Kalirejo Kecamatan Lawang.

Didampingi jajaran Kepala Dinas Kabupaten Malang, Muspika Lawang, serta diikuti oleh segenap Kepala Desa / Lurah di wilayah Kecamatan Lawang, Bupati Malang juga menyaksikan atraksi seni beladiri Wushu, yang dalam kesempatan tersebut dilantik pula kepengurusannya.

Kegiatan diramaikan dengan pertandingan sepakbola hiburan oleh Klub Waria Lawang melawan jago Kapuk Kecamatan Lawang, yang merupakan laga hiburan dengan atraksi-atraksi kocak kaum waria yang ada di Kecamatan Lawang, serta panggung hiburan Campursari yang diramaikan oleh artis-artis papan atas di Kabupaten Malang.

kalisurak7 kalisurak6 kalisurak5 kalisurak4 kalisurak2 kalisurak1 kalisurak

wushu wushu1 wushu2 wushu3

0 332

Kamis, 18 Februari 2016, giliran Kecamatan Lawang melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan tingkat Kecamatan (MUSRENBANGCAM) Tahun 2016 yang dihadiri oleh ± 120 orang peserta dari unsur Pemerintahan Desa/Kelurahan se-Kecamatan Lawang, jajaran SKPD dan Muspika Kecamatan Lawang serta Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Pimpinan Perusahaan dan Organisasi Kemasyarakatan yang ada di wilayah Kecamatan Lawang.

Camat Lawang, Drs. Ahmad Muwassi Arif, M.Si., dalam pidato pembukaannya, mengingatkan para peserta musrenbang akan pentingnya mengutamakan visi dan misi Pemerintah, baik ditingkat nasional (NAWACITA) maupun ditingkat daerah (Madep Mantep Manetep) sebagai pedoman arah pembangunan di wilayah Kecamatan Lawang.

Kegiatan diakhiri dengan pemilihan Delegasi Kecamatan Lawang, sebagai perwakilan peserta musrenbang ditingkat Kabupaten yang diharapkan mampu membawa seluruh program kegiatan yang diusulkan menjadi prioritas pembangunan dan dapat terealisasi pada tahun 2017 nanti.

renbang3 renbang2 renbang1

Kamis, 22 Oktober 2015

Bupati Malang, H. Rendra Kresna, secara simbolis menyerahkan bantuan bagi Pedagang Kaki Lima Kecamatan Lawang, berupa tenda sebanyak 100 unit. Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Bupati Malang di Kecamatan Singosari, selanjutnya Kasi Ekbang PP Kecamatan Lawang, Basuki, SH., melaksanakan penyaluran langsung kepada masing-masing Desa/Kelurahan.

Pada tahap ini, baru 50 tenda yang diterimakan, sedangkan 50 tenda lainnya akan diserahkan pada tahap kedua.

tenda3 tenda1 tenda

Senin, 5 Oktober 2015, Camat Lawang, Drs. Ahmad Muwassi Arif, MSi., dengan didampingi oleh Kepala Desa Ketindan, Artining, melaksanakan peninjauan lapangan ke lokasi proyek pembangunan Sumur Resapan di Dusun Tegalrejo Desa Ketindan.

Dalam prosesnya, pelaksana program telah mengadakan penyuluhan dan pelatihan bagi warga penerima bantuan sumur resapan, sehingga dapat diterima dengan baik oleh warga.

sumur2 sumur1 sumur3

0 439

 

Kamis, 1 Oktober 2015

Dengan mengambil tempat di Peringgitan Pendopo Kecamatan Lawang, dilaksanakan Rapat Koordinasi Pelaksanaan Bedah Rumah bagi warga miskin di Kecamatan Lawang. Rapat diikuti oleh Perwakilan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Badan Perumahan Kabupaten Malang, Konsultan wilayah Jawa Timur, Perwakilan BTN, Faskel, Pemilik Toko Bangunan calon pemasok Bahan Bangunan dan perwakilan calon penerima bantuan (warga miskin).

Pada tahun 2015 ini, setelah melalui verifikasi lapangan serta pendataan ulang, Kecamatan Lawang mendapatkan bantuan sebanyak 372 unit rumah untuk direhab, dengan alokasi per desa yaitu : Kelurahan Lawang = 47 unit, Kelurahan Kalirejo = 52 unit, Desa Ketindan = 56 unit, Desa Sidodadi, 86 unit dan Desa Sidoluhur = 131 unit.bedah rumah3 bedah rumah2 bedah rumah1 bedah rumah