Pemberdayaan SDM

Kamis, 26 Mei 2016, yang lalu, Camat Lawang beserta jajaran Pengurus Tim Penggerak PKK Kecamatan Lawang, Puskesmas Lawang dan Pengurus TP-PKK Desa Kelurahan se-wilayah Kecamatan Lawang, melaksanakan Rapat Koordinasi Nasional (RAKORDASI) Taman Posyandu Tim Penggerak PKK Kecamatan, Desa dan Puskesmas Kecamatan Lawang.

Kegiatan dibuka oleh Camat Lawang, Drs. Ahmad Muwassi Arif, M.Si. dan diikuti oleh jajaran pengurus PKK ini ditujukan dalam rangka memberikan pelatihan tentang pengelolaan Posyandu yang keberadaannya sangat dibutuhkan oleh masyarakat, baik Posyandu balita maupun Posyandu Lansia.rakor tmn posy2 rakor tmn posy1

0 164

Pada hari Senin, 16 Mei 2016, yang lalu, Camat Lawang beserta jajaran Muspika Kecamatan Lawang mendampingi warga masyarakat Desa Sidoluhur Kecamatan Lawang, yang dimotori oleh LKM Sido Makmur, dalam rangka penerimaan tim penilai lapangan dalam rangka Lomba Pemberdayaan Masyarakat di Lokasi Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLPBK) tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2016.

Kunjungan ini dilaksanakan setelah Desa Sidoluhur melakukan presentasi di Surabaya, dan memasuki nominasi 5 besar, sehingga peninjauan ini sekaligus merupakan verifikasi lapangan atas presentasi yang telah disampaikan oleh LKM Sido Makmur.

plpbk6 plpbk3 plpbk4 plpbk2 plpbk1

0 209

Kamis, 17 Maret 2016, bertempat di Gedung Kartini Kecamatan Lawang dilaksanakan Sosialisasi Perda Nomor 10 Tahun 2015 Tentang Lansia (warga Lanjut Usia) dengan tema : Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Kesejahteraan Masyarakat dalam rangka Pembentukan Masyarakat Kabupaten Malang yang berkualitas.

Acara dihadiri oleh ± 500 orang peserta dari unsur Gerontologi, Karang Wreda dan Lansia, didampingi oleh Muspika Lawang, dengan narasumber Agus Krisnanto, dari Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, Bagian Kesejahteraan Lansia.

Kabag Kesra, R. Taufik Hidayat, selaku Ketua Penyelenggara menyampaikan laporan secara singkat kepada peserta, selanjutnya mewakili Bupati Malang, Asisten Kesra, Drs. Prihadi Wakito, MM. Yang dalam kesempatan tersebut membacakan sambutan tertulis Bupati Malang sekaligus membuka kegiatan secara resmi.

Kegiatan berjalan lancar dan tertib, diakhiri tepat pukul 11.00 WIB.

lansia1 lansia3 lansia

Senin, 29 Februari 2016, bertempat di Gedung Kartini Kecamatan Lawang dilaksanakan Pembinaan Keimanan dan Ketaqwaan Kepemudaan Kabupaten Malang Tahun 2016 yang dihadiri oleh ± 120 orang peserta dari unsur perwakilan pemuda/ Karang Taruna Desa/Kelurahan se-Kecamatan Lawang, Muspika Kecamatan Lawang, dan Tokoh Agama / Tokoh Masyarakat yang ada di wilayah Kecamatan Lawang.

Sekretaris Camat Lawang, Sugiono, SH., mewakili Camat Lawang, membuka kegiatan tersebut, dengan narasumber dari Bagian Dakwah MUI Kabupaten Malang, Ustad H. Wahid, S.Pd.. Peserta yang rata-rata masih berusia remaja, juga diberikan materi Wawasan Nusantara, dengan narasumber Kol. Inf. Drs. Yoyok Wardoyo, M.Si.

Dengan kegiatan ini diharapkan akan memberikan motivasi bagi pemuda dan remaja sebagai generasi penerus Bangsa Indonesia agar lebih memahami konsep berbangsa dan bernegara, beriman dan bertakwa sesuai agama dan kepercayaannya.

bintal3 bintal2 bintal1

0 249

19-20 Januari 2016, selama 2 hari berturut-turut, Pengelola Keuangan Desa, yang terdiri dari Kepala Desa, Sekretaris Desa / Pj. Sekdes, PTPKD dan Bendahara Desa se-Kecamatan Lawang mengikuti Bimbingan Teknis Sistem Pengelolaan Keuangan Desa (siskeu-des), bertempat di Aula Santoon, Wisata Kebun Teh Wonosari.

Kegiatan dibuka oleh Purwo Hariyanto, Ketua Paguyuban Kepala Desa Kecamatan Lawang, dan dipimpin langsung oleh Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Lawang, Sucipto Hadi P., S.Sos.

Kegiatan tersebut sebagai tindak lanjut dari Bimtek serupa yang diadakan di tingkat Kabupaten Malang, yang mengenalkan tehnis pengoperasian Sisten Keuangan Desa (siskeu-des), program pengelolaan keuangan berbasis IT dari BPKP.

Diharapkan dengan adanya program komputer ini akan memudahkan pengelolaan keuangan desa, mulai perencanaan, penyusunan, pelaksanaan sampai dengan pertanggungjawaban keuangan desa secara lebih akuntabel.

bimtek1 bimtek2 bimtek3 bimtek4

Jum’at, 23 Oktober 2015, Kepala Desa Sidoluhur, Mulyoko Sudarsana, SE., menyambut kedatangan rombongan kunjungan kerja Pemerintah Kabupaten Tapin Provinsi Kalimantan Selatan.

Kunjungan kerja dimaksudkan sekaligus sebagai studi banding atas pelaksanaan program P2WKSS di Desa Sidoluhur yang diarahkan oleh Badan Pemberdayaan Perempuan dan keluarga Berencana Provinsi Jawa Timur, karena Desa Sidoluhur berhasil mencapai nilai tertinggi dalam penilaian lapangan yang dilaksanakan dalam Lomba Pelaksanaan program P2WKSS Provinsi Jawa Timur tahun 2015.

Rombongan dipimpin oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Tapin, didampingi oleh Kepala Bidang P3A Provinsi Jawa Timur. Merupakan suatu kehormatan tersendiri bagi Kabupaten Malang pada umumnya, dan Desa Sidoluhur Kecamatan Lawang pada khususnya, mengingat Desa Sidoluhur mampu menjadi tauladan bagi desa-desa yang lain, khususnya di Provinsi Kalimantan Selatan khususnya dalam pelaksanaan Program P2WKSS.

tapin6 tapin5 tapin4 tapin3 tapin1 tapin

Senin, 5 Oktober 2015, Camat Lawang, Drs. Ahmad Muwassi Arif, MSi., dengan didampingi oleh Kepala Desa Ketindan, Artining, melaksanakan peninjauan lapangan ke lokasi proyek pembangunan Sumur Resapan di Dusun Tegalrejo Desa Ketindan.

Dalam prosesnya, pelaksana program telah mengadakan penyuluhan dan pelatihan bagi warga penerima bantuan sumur resapan, sehingga dapat diterima dengan baik oleh warga.

sumur2 sumur1 sumur3