Ketentraman dan Ketertiban Umum

Rabu, 6 September 2017, mengambil lokasi di RT 01/RW 02 Dusun Krajan Desa Turirejo, sebagai Pemenang Lomba Siskamling tingkat Kecamatan Lawang, sehingga mewakili Kecamatan Lawang dalam lomba Siskamling tingkat Kabupaten Malang dilaksanakan peninjauan lapang oleh Tim Penilai.

Disambut oleh jajaran Muspika Kecamatan Lawang yang dipimpin langsung oleh Camat Lawang, Drs. Drs. EKO WAHYU WIDODO, MSi. rombongan yang terdiri dari unsur TNI, POLRI dan Satpol PP Kabupaten Malang, diterima dengan berbagai kegiatan yang telah dipersiapkan oleh Kepala Desa Turirejo, ARIF SUKMAWANTO, SH., MM. beserta jajarannya berupa peragaan kesiapan warga dalam memelihara Kamling di wilayah desa, baik secara adminitrasi maupun kesigapan dalam menangani kejadian gangguan keamanan lingkungan.

Berikut dokumentasi foto yang berhasil dihimpun.

kamling2 kamling4 kamling5 kamling6 kamling34 kamling1

Selasa, 22 Maret 2016 yang lalu, dilaksanakan Koordinasi tiga pilar, yang terdiri dari Pemerintah Desa/Kelurahan, Kepolisian dan TNI, sebagai ujung tombak pemeliharaan keamanan, ketertiban dan ketentraman masyarakat.

Dalam sambutannya, Camat Lawang, Drs. Ahmad Muwassi Arif, M.Si. menyampaikan agar penarikan PBB sekaligus hal-hal yang berkaitan dengan permasalahan PBB dapat diselesaikan sesuai dengan jadwal yang ditentukan, yakni jatuh tempo PBB pada tanggal 31 Juli 2016, sehingga PBB di Kecamatan Lawang terdapat peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya.

Selanjutnya, terkait tiga pilar, Kapolsek Lawang, Komisaris Polisi Wachid Arifaini, S.Ag., SH. menyampaikan bahwa kondisi keamanan masih relatif aman dan kondusif, sedangkan kejadian kriminal disampaikan bahwa telah tertangkap 2 pengedar pil koplo di Kecamatan Lawang, yakni Desa Sumberporong dan Kelurahan Lawang, dan juga disampaikan agar segenap yang hadir menyampaikan kepada warga masyarakat di wilayah masing-masing agar mewaspadai tamu dan pendatang yang berkunjung terutama yang tidak bisa menunjukkan identitas yang jelas.

Akhirnya sebagai sambutan penutup Danramil 0818/27 Lawang, Kapten WAHYUDI SUYANTO menyampaikan pentingnya kewaspadaan terhadap terorisme terkait tertangkapnya terduga teroris di Kecamatan Dau dan Kecamatan Wajak, yang relatif berdekatan dengan Kecamatan Lawang.

Jum’at, 11 Desember 2015, bertempat di Pendopo Kecamatan Lawang, tepat pukul 08.30 WIB. Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Perolehan Suara Tingkat Kecamatan Lawang dimulai.

Kegiatan dibuka langsung oleh Camat Lawang, Drs. Ahmad Muwassi Arif, M.Si., didampingi oleh Kapolsek Lawang, Danramil 0818/27 Lawang dan Ketua PPK Kecamatan Lawang.

Rapat Pleno Terbuka diikuti oleh Saksi dari masing-masing Pasangan Calon, Anggota PPK, Panwascam, PPL, Pengawas TPS, Anggota PPS dan Ketua KPPS, dari 12 desa/kelurahan yang ada di wilayah Kecamatan Lawang.

Sedangkan tehnis pelaksanaannya, ditentukan dengan mendahulukan desa/kelurahan dengan TPS terbanyak, diakhiri oleh desa dengan jumlah TPS paling sedikit.

Kegiatan berlangsung dengan tertib, aman dan lancar, sehingga perolehan suara bisa diterima oleh para saksi masing-masing pasangan calon untuk ditetapkan.

Sampai berita ini ditulis, kegiatan masih berlangsung, sehingga hasil perolehan suara dari masing-masing pasangan calon belum final.

 

pilbup1 pilbup2 pilbup3 pilbup4

Selasa, 8 Desember 2015 PPK Kecamatan Lawang melaksanakan pendistribusian logistik Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Malang ke masing-masing desa/kelurahan, yang terdiri dari 133 TPS di seluruh Kecamatan Lawang.

Acara pemberangkatan secara resmi yang dipimpin oleh Komandan Koramil 0818/27 Lawang, didampingi jajaran Muspika Lawang, jajaran PPK, Panwascam dan PPS, tepat pukul 09.30 WIB. kendaraan pengangkut logistik diberangkatkan.

pilbup h-11 pilbup h-1

Sabtu, 28 Nopember 2015, Forum Antar Umat Beragama Kecamatan Lawang, mengadakan kegiatan Gerak Jalan Sehat antar Umat Beragama dalam rangka Peringatan Hari Pahlawan tahun 2015.

Camat Lawang, Drs. Ahmad Muwassi Arif, MSi., didampingi Muspika Lawang dan Tokoh-tokoh Lintas Agama Kecamatan Lawang, memberangkatkan peserta tepat pukul 06.45 WIB.

Diikuti oleh ribuan peserta yang terdiri dari unsur agama Islam, agama Kristen, agama Hindu dan pelajar /pemuda pemudi Kecamatan Lawang, memperebutkan hadiah utama sebuah sepeda motor.

umat3 umat2 umat1

 

Jum’at, 24 Juli 2015

FKUB

Camat Lawang beserta Muspika dan Jajaran Kepala Desa / Lurah dengan dihadiri oleh tokoh-tokoh dan Pemimpin Agama di Kecamatan Lawang, mengadakan pertemuan dalam rangka mengantisipasi pengaruh kerusuhan di Tolikara – Papua.FKUB1 FKUB2 FKUB3 FKUB4

Dalam pertemuan tersebut juga ditanda tangani Berita Acara Kesepakatan Bersama untuk tetap menjaga keamanan, ketentraman dan ketertiban wilayah Kecamatan Lawang, terutama dari gangguan yang bersifat SARA.FKUB6