Kunjungan Kerja Tim Konsultan Kementerian Perumahan Rakyat Ke Desa Sidoluhur

Kunjungan Kerja Tim Konsultan Kementerian Perumahan Rakyat Ke Desa Sidoluhur

0 275

Kecamatan Lawang adalah salah satu penerima bantuan program bedah rumah untuk 1.000 warga tidak mampu dari kementerian Perumahan Rakyat. Pada tahun 2015 yang lalu telah dilaksanakan tahap I untuk 400 rumah yang berlokasi di 3 desa, yakni Desa Sidoluhur, Desa Ketindan dan Desa Srigading.

Pada hari Selasa, 14 Juni 2016, Desa Sidoluhur sebagai penerima bantuan sebanyak 131 rumah, mendapatkan kunjungan dari Konsultan Kementerian Perumahan Rakyat – Jakarta, yang diwakili oleh Priyadi dan Verawati Boru Sitompul, dengan didampingi oleh Badan Perumahan Rakyat Kabupaten Malang, yang diwakili oleh Irwantoro dan Fajar.

Dalam wawancara tim redaksi dengan Mulyoko Sudarsana, SE, Kepala Desa Sidoluhur, kami dapatkan informasi, bahwa program bedah rumah ini memberikan bantuan sebesar Rp. 10 s/d 15 juta, sedangkan dalam kunjungan dari tim konsultan kemarin, tim konsultan mewawancarai langsung 10 warga penerima yang ditentukan secara acak untuk mendapatkan informasi secara langsung dari penerima bantuan. Sedangkan materi yang ditanyakan meliputi penghasilan warga penerima bantuan (antara Rp. 200 s/d 500 ribu per bulan), ukuran bangunan harus lebih besar dari sebelumnya, partisipasi swadaya masyarakat, termasuk partisipasi penerima bantuan (antara Rp. 5 s/d 15 juta), juga keberadaan kamar mandi (MCK) sebelum dan sesudah pelaksanaan bedah rumah.

Tentunya dengan program ini diharapkan dapat meringankan beban warga masyarakat atas kebutuhan perumahan, sehingga tidak ada lagi warga masyarakat yang tinggal di rumah tidak layak huni, walaupun dari segi dana yang diterima hanya sebesar Rp. 10 s/d 15 juta, yang apabila dilaksanakan sangat tidak memadai / tidak cukup untuk memperbaiki rumah. Namun dengan program ini juga dapat meningkatkan partisipasi warga masyarakat dalam kegiatan pembangunan, khususnya dibidang penyediaan perumahan yang layak bagi warga.

Comments are closed.