Monitoring Pelaksanaan APBDES

Monitoring Pelaksanaan APBDES

0 385

Mulai hari Senin, 18 Juli 2016, Tim Monitoring pelaksanaan APBDes yang dipimpin langsung oleh Camat Lawang, Drs. Ahmad Muwassi Arif, M.Si. melaksanakan pembinaan dan pengawasan pelaksanaan APBDes di 10 Desa se-Kecamatan Lawang.

Sebagaimana kita maklumi bersama, dengan adanya Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) dari APBN, serta Dana Bagi Hasil Pajak dan Restribusi Daerah, merupakan sumber pendapatan bagi desa yang harus dilaksanakan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes), sedangkan Camat wajib melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap penyusunan, pelaksanaan dan pertanggung jawabannya.

Sesuai ketentuan yang berlaku, dalam melaksanakan kewajiban tersebut, Camat harus merealisasikan kegiatan yang nyata dengan melakukan kegiatan pembinaan dan pengawasan atau disebut juga monitoring dengan kunjungan langsung ke lapangan untuk memantau pelaksanaan APBDes baik secara administrasi maupun fisik lapangan.

Berdasarkan jadwal yang telah ditentukan, kunjungan ke masing-masing desa dimulai pukul 09.00 s/d 14.00 WIB, dengan 2 desa yang menjadi sasaran kegiatan setiap harinya, sedangkan peninjauan fisik lapangan akan dilaksanakan setelah monitoring administrasi, sehingga tepat pada tanggal 22 Juli 2016 akan selesai, atau memakan waktu 2 minggu.

Diharapkan dengan terlaksananya kegiatan monitoring dimaksud, akan meminimalisir dan mengantisipasi kesalahan dan penyimpangan penggunaan DD dan ADD di desa-desa yang ada di Kecamatan Lawang, sehingga tidak ada yang berakibat buruk, apalagi sampai masuk ke ranah hukum.

Selanjutnya, hasil monitoring akan disampaikan kepada semua Kepala Desa sebagai bahan evaluasi sekaligus menutup kegiatan Pemerintahan Desa di Semester I Tahun Anggaran 2016 ini, yang selanjutnya mempersiapkan pelaksanaan APBDes di semester II dengan lebih baik, lebih efektif dan efisien.

Comments are closed.